Budaya Jawa

Saat itu banyak kita jumpai disekitar kita bahwa banyak kalangan muda/tua yang sudah lupa akan asal usulnya sebagai wong Jawa. Mereka lupa akan jati dirinya, lupa akan budayanya sehingga tidak tahu apa yang mereka lakukan itu sudah menyimpang dari adat budayanya sebagai Wong Jawa. Ketidaktahuan mereka disebabkan oleh beberapa faktor yang sangat komplek dalam kehidupan mereka sehari-hari tanpa mereka sadari.
Dalam kehidupan yang serba modern ini orang akan lebih bangga bila mereka bisa hidup dengan pola-pola budaya barat. Mereka lebih percaya diri bila apa yang mereka lakukan itu bersifat kebarat-baratan, seperti gaya bicara, kesenangan terhadap seni budaya, cara berpakaian sampai dengan tata cara upacara tradisi seperti pernikahan.
Mengapa mereka melakukan ini semua? Apa mereka hanya sekedar mengejar gengsi? Apa mereka hanya karena latah? Atau apakah karena budaya jawa sudah tak layak dipertahankan lagi dalam kehidupan seperti keadaan zaman sekarang?
Sebagai wong Jawa saya sangat sedih melihat keadaan seperti sekarang ini. Saya sedih melihat anak-anak muda yang pola hidupnya sudah seperti bule, seperti orang arab dan seperti orang-orang asing lainnya. Saya sedih melihat siswa tidak dapat berbicara krama inggil dengan gurunya, anak tidak dapat berbahasa krama inggil dengan orang tuanya, dan saya sedih melihat pakaian, gamelan dan piranti-piranti wong Jawa ditinggalkan begitu saja.
Ini PR dan tantangan bagi kita sebagai Wong Jawa. Relakah kita kehilangan jatidiri kita?
Harapan saya, mulai sekarang ada banyak pihak yang mulai memikirkan tentang kelestarian adat dan budaya Jawa. Kapan pemerintah lebih serius memikirkan pelestarian budaya Jawa melalui kurikulum sekolah? Kapan dunia pertelevisian mau mengangkat dan mengembangkan seni dan budaya Jawa?
Mangga para sedulur.......... kita bangkitkan semangat serta kesadaran kita untuk mempertahankan warisan nenek moyang kita, jangan sampai kita menjadi bangsa asing di tanah Jawa ini. Jangan sampai nantinya kita belajar tentang budaya Jawa dari orang Asing.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat membangkitkan kembali kesadaran kita sebagai orang Jawa yang harus senantiasa peduli terhadap apa yang kita miliki.

Bangsa Jawa adalah bangsa yang besar dan punya pengaruh luar biasa di seluruh penjuru dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar